3 September 2112, Hari Ulang Tahun Doraemon

Posted on

Pas pada tanggal ini hari, 3 September, Doraemon rayakan ulang tahun. Robot kucing itu sebenarnya lahir pada 3 September 2112, tetapi dia memakai mesin waktu untuk menolong Nobita di waktu dulu. Hari kelahiran Doraemon ini pertama-tama tersingkap dalam film pendek bertopik 2112: The Birth of Doraemon.

Film prekuel dari keseluruhnya cerita dalam komik serta anime Doraemon itu bercerita proses robot itu dibuat serta lahir, rusak, kehilangan telinganya, sampai fakta kepergian ke waktu dulu untuk berjumpa Nobita.

Pada 3 September 2112, Doraemon sah lahir melalui Pabrik Robot Matsushiba. Awalannya, Doraemon akan dibikin jadi robot kucing yang bertubuh kuning, telinga, serta suara tinggi. Tetapi dalam proses pembikinannya, dua teroris tiba serta mengganggu jaringan listrik pabrik. Doraemon tersentak serta jatuh ke tempat pembuangan sampah industri. Untungnya, robot kucing penari namanya Noramyako pernah selamatkan Doraemon.

Beberapa hal serta kejadian yang berlangsung hingga membuat Doraemon kehilangan dua telinga dan warna kuning badannya. Keseluruhnya cerita itu terkait dengan Sewashi yang disebut cicit dari Nobita. Walau Doraemon berulang-ulang tahun pada 3 September, tetapi komik tentang robot itu pertama-tama keluar pada Januari 1970.

Mulai sejak itu, seputar 1.465 narasi terbentuk, jadikan Doraemon untuk salah satunya manga terlaris di dunia. Pada 2015, lebih dari 100 juta buku komik Doraemon sudah terjual. Disamping itu, serial animasi Doraemon pertama-tama tampil di Nippon Television pada 1973. Serial mendapatkan sambutan hangat pemirsa sampai pada akhirnya stop tampil pada Maret 2005 dengan keseluruhan 1.787 episode.

Kemudian, lebih dari 40 film animasi Doraemon tampil di layar-lebar. Film paling akhir yang dikeluarkan ialah Stand by Me Doraemon. Doreamon mendapatkan beberapa perolehan, seperti juara satu Shogakukan Manga Award pada 1982, Osamu Tezuka Culture Award 1997, jadi Duta Budaya Anime Pertama yang dipilih langsung Kementerian Luar Negeri Jepang, dan Asian Hero versus majalah Time 2002.

(chri/has)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *