Blue Moon, Fenomena Langka Bulan Biru Terjadi Malam Ini, Jangan Sampai Terlewatkan

Posted on

Kejadian Bulan Biru (Blue Moon) akan hias langit Indonesia untuk Sabtu, 31 Oktober 2020.

Kejadian sangat jarang ini berlangsung cuman 2 sampai tiga tahun sekali.

Diambil dari Instansi Antariksa serta Penerbangan Nasional (Lapan) bulan purnama ini dikatakan sebagai Blue Moon atau Bulan Biru karena bulan purnama ke-2 yang berlangsung dalam sebulan.

Pucuk purnama malam minggu kesempatan ini akan berlangsung jam 21.49 WIB dalam jarak geosentris 406.165 km, dengan diameter pojok 29,40 menit busur serta terdapat di bentuk Aries.

Sedang apogee Bulan berlangsung untuk 01.29 WIB dalam jarak geosentrik 406.398 km dengan diameter 29,42 menit busur serta terdapat di bentuk Pisces

Purnama pertama kali Oktober ini berlangsung untuk 2 Oktober 2020 lantas yang adalah kejadian bulan purnama mikro.

Blue moon ialah bulan purnama ke-2 yang berlangsung untuk sebulan yang serupa. Blue moon untuk (31/10) jadi bulan purnama pertama kali semenjak 1944.

Bulan Biru mikro ini segera dapat dilihat untuk arah Timur-Timur Laut. Saat sebelum tenggelam Matahari sampai Barat-Barat Laut sesudah keluar Matahari.

Bulan Biru berlangsung tiap 2 sampai 3 tahun sekali, akhir kali berlangsung untuk 31 Januari 2018. Sesudah tahun ini Bulan Biru akan ada kembali lagi 3 tahun kedepan yakni untuk 31 Agustus 2023.

Blue moon ialah bulan purnama ke-2 yang berlangsung untuk sebulan yang serupa. Blue moon untuk (31/10) jadi bulan purnama pertama kali semenjak 1944. Hingga purnama ini diberi nama Bulan purnama biru mikro (Blue Moon) sebab jaraknya yang cukup bersisihan dengan titik apogee.

Bulan purnama biru mikro bisa dilihat untuk arah Timur-Timur Laut saat sebelum tenggelam Matahari sampai Barat-Barat Laut sesudah keluar Matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *