Ahok: Inspirasi Membuat Program ‘Jangkau’ Datang Waktu di Mako Brimob

Posted on

Blibli sah merajut kerja sama dengan program Capai. Program yang dibangun oleh bekas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu memberi service bansos yang gampang, pas target, dan terbuka.

Capai adalah basis non-profit yang dibuat dengan arah menghadapkan donatur yang pengin menyumbang dengan beberapa orang yang memerlukan kontribusi.

Saat sebelum menguraikan lebih jauh masalah Capai, Komisaris Khusus Pertamina itu bercerita sedikit masalah background ia membangun program itu dalam penyeluncuran kerjasama Blibli dengan Capai yang diadakan secara virtual, Senin (21/12/2020). Kutipan dari Yowinjoker

Ahok mengungkapan dianya memperoleh inspirasi membuat suatu basis yang memperantai yang menerima dan pemberi bantuan saat “sekolah” di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

“Kebenaran di Mako Brimob, bukan jadi polisi, tapi ‘sekolah’ itu. Jangan salah pengertian, agar belajar dengar,” papar Basuki Tjahaja Purnama.

“Capai dibikin dari kenyataan ada banyak orang miskin yang memerlukan kontribusi. Sesaat, beberapa orang yang pengin menolong tetapi dengan keuangan terbatas. Jika sendiri, berasa tidak dapat memberi dampak yang besar dan tidak sanggup,” kata Ahok.

Inspirasi untuk Basis Bantuan Capai
Saat dia memperoleh surat dari anak muda—yang ialah dari faksi Capai yakni diantaranya Co-founder Capai, Demos Oktavianus—saat masih ada di Asrama Basis Instruksi Brigade Mobil (Mako Brimob) Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok, dia langsung minta staff-nya untuk mengundang anak muda itu dan berunding.

Ahok menceritakan, waktu itu ia tidak pahami mengenai tehnologi yang akan dipakai, tapi ia punyai kemauan, akan ada satu basis yang memperte

Sekarang, program Capai bisa didownload di Google Play Store sudah didownload oleh lebih dari 10.000 kali dengan peringkat 4.6 di toko program Google itu.

Program Capai barusan umumkan kerjasamanya dengan e-commerce Blibli sebagai partner dalam distribusi bantuan ke yang menerima.

Baca juga : Menerka Harga iPhone 12 di Indonesia, Bakal Semahal Apa?

Tipe Bantuan di Program Capai

 

 

Program Capai sendiri buka bantuan untuk beberapa barang berbentuk piranti simpatisan evaluasi jarak jauh seperti handphone dan netbook dan keperluan primer seperti beras, minyak goreng, sarden, popok dewasa, sampai uang tunai.

Kontribusi bisa juga diteruskan berbentuk beberapa alat kesehatan

seperti APD, masker, sarung tangan, bangku roda, tongkat, kacamata baca, sampai kacamata google untuk lengkapi APD.

Donatur dapat mengklik tipe bantuan apa yang pengin diberi,

selanjutnya akan tampil beberapa calon yang menerima kontribusi yang dapat diputuskan sama posisinya.

Lalu, sesudah pilih yang menerima kontribusi, donatur ditujukan ke pembelian barang kontribusi yang diperlukan yang menerima. Donatur perlu beli dan mengirim barang kontribusi ke pemohon. Semua dikerjakan cuman seringkali click, seterusnya proses pembelian kontribusi dan pengangkutan akan dikerjakan oleh partner Capai, yaitu Blibli.

Program Capai diinginkan dapat menolong pemda dan kementerian berkaitan dasbor data. Hingga masalah Menteri yang ketangkap sebab pendistribusian bantuan sosial atau sembako tidak terulang kembali.

“Jadi saya berharap tidak ada tuch, karena sembako menteri tertangkap begitu loh. inikan kasihan sekali begitu. Dengan data dan uang yang ada ini akan seluruh dapat terbuka, jika seluruh pakai tehnologi,” kritik Ahok.

Ahok mengharap, kedatangan basis Capai dan kerjasama dengan Blibli

akan mempermudah beberapa orang yang pengin memberi dana untuk beberapa yang menerima secara lebih terbuka dan pas target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *